welcome to my blog :)

hidup hanya sekali mari berkreasi :)

Kamis, 28 Juni 2012

Kesehatan

MANFAAT NASI MERAH
Nasi merah adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang terbuat dari beras merah yang ditanak. Lauk-pauk yang paling pas menemani nasi merah adalah masakan sunda seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu dan tempe goreng, ikan asin, empal daging, oseng-oseng, sambal, daun pepaya, dan lain sebagainya.
Manfaat nasi merah banyak sekali manfaat jika dibandingklan dengan nasi putih. Selain memperkuat daya tubuh nasi merah pun juga dapat meningkatkan perkembangan terhadap otak.Selain itu kandungan zat besi yang terkandung di nasi merah,sangat lah cocok buat bayi yang yang belum menerima ASI dari ibu nya.
Beras merah juga sangat unggul dalam kandungan serat, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral 2-3 kali lebih banyak dari beras putih. Vitamin B1yang terdapat di nasi merah dapat mencegah penyakit beri-beri pada anak.
Menurut penelitian seorang ilmuan, beras merah mengandung antioksidan yang mampu mencegah timbulnya kanker, terutama kanker usus. Kandungan seratnya dapat mengatasi gangguan pencernaan dan cocok untuk yang sedang diet.
Yang lebih dahsyat nya lagi,nasi merah tidak mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah sehingga dengan mengonsumsi nasi merah dapat mengurangi risiko diabetes hingga 16 persen dan mencegah tekanan darah tinggi, serta memerangi kolesterol jahat.
Beras Merah Membantu Mencegah Penyakit Berbahaya
            Selian kandungan gizinya yang lebih tinggi daripada beras putih, beras merah memiliki manfaat untuk mencegah penyakit berbahaya. Hasil riset Experimental Biology menunjukkan bahwa beras merah mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung. Dari hasil penelitian itu juga menyimpulkan bahwa manfaat beras merah jauh lebih baik dari beras putih, terutama sebagai pelindung tubuh dari penyakit arterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan tekanan darah tinggi.
            Salah seorang peneliti bernama Satoru Eguci, profesor fisiologi di Temple University School of Medicine di Philadelphia, AS mengatakan bahwa riset yang mereka lakukan menunjukkan bahwa beras mempunyai potensi yang mungkin menjadi titik awal yang baik untuk meneneliti obat pencegah penyakit kardiovaskuler. Beras merah mampu melawan protein yang dikenal sebagai angiotensin II yang memberikan kontribusi untuk tekanan darah tinggi dan penyumbatan arteri. Salah satu manfaat terbesar dari beras merah adalah mencegah diabetes. Orang yang mengkonsumsi beras putih terkena resiko diabetes 17% lebih tinggi. Beras merah baik untuk pengguna diabetes karena saat dikonsumsi, beras merah melepaskan gula darah secara perlahan-lahan. Oleh sebab itu, beras merah yang menghasilkan energi secara bertahap dan kaya akan serat memiliki indeks glikemi yang rendah. Para ahli menganjurkan agar 70% konsumsi kabohidrat kita diperoleh dari beras merah atau serelia utuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar