welcome to my blog :)

hidup hanya sekali mari berkreasi :)

Kamis, 05 Juli 2012

Kesehatan


Manfaat Jagung

Jagung sebenarnya berasal dari meksiko amerika tengah dan sudah dikonsumsi sebagai makanan pokok penduduk asli amerika sejak 8000 tahun yang lalu hal ini terbukti dengan ditemukannya fosil teosinte, sejenis rumput liar yang diyakini sebagai nenek moyangnya jagung yang ditemukan di dekat kota meksiko. Penduduk asli amerika sangat memuja jagung. Bagi mereka jagung tidak hanya sebagai makanan pokok tapi juga menjadi icon penting yang mewakili tradisi mitologi dari peradaban suku maya, Aztec, dan inca. Zea mays, nama latin jagung yang diambil dari nama tradisional jagung yaitu maize yang berasal dari bahasa spanyol yang digunakan oleh penduduk pribumi amerika suku taino.
Berikut ini adalah manfaat dari Jagung bagi kesehatan:
Sebagai Sumber Kalori
Jagung memiliki banyak kandungan kalori yang sangat tinggi yang bisa dibakar oleh tubuh kita. Dalam 100 g Jagung Jagung mengandung 342 kalori. Bahkan jagung merupakan makanan sereal yang memiliki kalori yang tertinggi dibanding dengan makanan sereal lainnya. Sehingga jagung merupakan makanan yang sangat cocok kita konsumsi jika kita ingin menambah berat badan.
Sebagai Pencegah Kanker Usus dan Wasir
Jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dalam satu cangkir jagung terkandung 18,4%  serat dari serat yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan memenuhi kebutuhan akan serat, hal tersebut mampu membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada pencernaan seperti penyakit sembelit dan wasir, serta mampu menurunkan resiko kanker usus besar.
Sebagai Sumber Vitamin
Jagung kaya akan vitamin B konstituen, terutama Thiamin dan Niasin . Thiamin bermanfaat dalam  menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin menyebabkan Pellagra, yaitu sebuah penyakit yang ditandai dengan diare, demensia, dermatitis dan umumnya terjadi pada orang kekurangan gizi. Defisiensi asam folat pada wanita hamil menyebabkan kelahiran bayi berat badan dan juga dapat mengakibatkan cacat  saraf pada saat lahir. Jagung menyediakan potongan besar dari kebutuhan folat sehari-hari. Jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk pemeliharaan  kulit.
Sebagai Sumber Mineral
Jagung memiliki banyak jenis mineral seperti fosfor,  magnesium , mangan , seng , besi, tembaga dan selenium. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan dan  kesehatan tulang, serta menjaga fungsi ginjal agar tetap normal. Semaentara itu, Magnesium diperlukan untuk mempertahankan denyut jantung agar teta normal dan untuk menjaga kekuatan kekuatan tulang.
Sebagai antioksidan
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Cornell University,  diketahui bawa jagung merupakan sumber yang kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, memasak meningkatkan antioksidan dalam jagung manis. Jagung merupakan sumber yang kaya senyawa fenolik asam ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati.
Sebagai Pencegah Animia
Jagung bermanfaat dalam terjadinya animia atau kurang darah, karena jagung memiliki kandungan vitamin B12.
Mampu Menurunkan Kolesterol LDL
Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, Dengan mengkonsumsi minyak jagung bisa  menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.
Memberikan Perlindungan Dari Serangan Diabetes dan Hipertensi
Mengkonsumsi jagung dapat  membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif dalam melawan penyakit  hipertensi karena adanya phytochemical fenolik yang terkandung dalam jagung.Itulah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Sayangnya meskipun jagung sangat manfaat, sangat sedikit orang indonesia yang mengkonsumsi jagung. Orang madura yang dulunya menjadikan nasi jagung sebagai makanan pokok, justru saat ini sudah tidak mengkonsumsi jagung lagi. Dan meskipun ada, itu hanya sebagian kecil saja. Jika anda adalah salah seorang yang juga jarang atau tidak penah mengkonsumsi sama sekali, di sini saya sarankan agar mengkonsumsi jagung. Jagung dapat dicampur dengan beras dan dimasak sebagai nasi.
Melancarkan pencernaan

Jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Sumber mineral

Setiap butir kuning jagung mengandung banyak sekali ragam mineral, seperti magnesium, tembaga, besi, dan paling penting fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang dari keretakan karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi normal ginjal.

Merawat kulit

Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar