welcome to my blog :)

hidup hanya sekali mari berkreasi :)

Sabtu, 07 Juli 2012

Bahaya Obesitas


Obesitas atau kegemukan adalah kondisi tubuh yang memiliki jumlah cadangan lemak yang lebih banyak dibanding kebutuhannya.Trigliserida dan kolesterol adalah beberapa jenis lemak dalam tubuh kita. trigliserida banyak terdapat dalam tubuh orang gemuk dan dan tidak dimiliki oleh orang kurus.adapun kolesterol terdapat baik pada orang kurus maupun gemuk. Kondisi tubuhdengan kadar lemak tinggi disebut Hipertrigliseridemia.
Banyak struktur organ dalam tubuh orang gemuk yang diselimuti lemak.Jika jantung, hati, dan pembuluh darahdiselimuti dan terdesak lemak, tentu akan membahayakanlaju metabolisme.
Orang dengan kondisi kegemukan mempunyai kecanderungan mengalami peningkatan kadar asam urat dalam darah. Sampai saat ini, belum ada teoriyang bisa manjelaskan mengapa penderita obesitas memiliki kadar asam urat darah yang tinggi. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa kadar asam urat pada penderita obesitas lebih tinggi dari normal. Oleh karena itu, jagalah agar jangan sampaimengalami kegemukandengan rutin berolahraga dan memperhatikan asupan makanan sehari-hari.
Untuk mengetahui gemuk atau tidak, dengan cara menghitung indeks masa tubuh atau Body Mass Index ( BMI ). Kita harus mengetahui berat dan tinggi badan. Kemudian, Berat badan dalam ukuran kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan. dalam ukuran meter hasilnya disebut BMI.
Ketentuannya sebagai berikut ;
< 18.5              = sangat kurus
18.5 – 24.9      = Normal
25 – 29,9         = berat badan lebih
> 30                 = obesitas
Sumber: http://www.cekkesehatan.com/category/bahaya-obesitas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar