welcome to my blog :)

hidup hanya sekali mari berkreasi :)

Kamis, 01 Desember 2011

TULISAN FOLIO 2


TULISAN 2 #TUGAS SOFTSKILL
1.     FRANCHISE YANG BERHASIL DI INDONESIA
“KEBAB TURKI BABA RAFI”

 Contoh waralaba yang sukses yaitu “Kebab Turki Baba Rafi”. Pendiri dari usaha ini Yaitu seorang anak muda dari Surabaya yang bernama Hendy Setiono. Kebab Baba Rafi berdiri sejak September 2003 hingga kini telah memiliki 100 outlet di 16 kota yang tersebar diseluruh Indonesia. Kebab Turki Baba Rafi menyediakan makanan khas Turki, kebab bercita rasa tradisional. Nama Baba Rafi diadopsi dari anak pertamanya yang bernama Rafi. Baba Rafi berarti ayahnya Rafi.
 Dengan bisnis kebabnya ini, Hendy Setiono dinobatkan oleh majalah Tempo edisi akhir 2006 sebagai salah seorang di antara sepuluh tokoh pilihan yang dinilai mengubah Indonesia. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan mengingat usianya baru menginjak 25 tahun.
Ide mendirikan bisnis kebab berawal ketika pria kelahiran Surabaya, 30 Maret 1983, ini mengunjungi ayahnya yang bertugas di perusahaan minyak di Qatar. Ia mengamati kedai kebab banyak dikunjungi warga setempat. Karena penasaran, Hendy yang mengaku hobi makan itu lantas mencoba makanan tersebut. Ternyata rasanya sangat enak dan terbesit pikiran untuk membuka usaha kebab di Indonesia. Alasannya, selain belum banyak usaha semacam itu, di Indonesia terdapat warga keturunan Timur Tengah yang menyebar di berbagai kota.
Dari usaha keras yang telah dijalani sekian lama dia mendapatkan hasil ketika hanya dalam 3-4 tahun, sulung dari dua bersaudara pasangan Ir. H. Bambang Sudiono dan Endah Setijowati ini berhasil mengembangkan sayap dimana-mana. Bahkan, hingga pengunjung 2006, telah tercatat 100 outlet Kebab Turki Baba Rafi yang tersebar di 16 kota Indonesia. Tahun 2008, telah berkembang menjadi 300 outlet dari Aceh sampai Ambon.
Sukses bisnis kebab yang dikonsep dengan sistem waralaba dan manajemen yang solid, membuat Hendy mendapat berbagai award, baik dari dalam maupun luar negeri. Di antaranya, ISMBEA (Indonesian Small Medium Business Entreprenuer Award) 2006 oleh menteri koperasi dan UKM, ASIA’s Best Entreprenuer Under 25 oleh majalah Business Week International 2006, penghargaan Citra Pegusaha Berprestasi Indonesia Abad ke-21 oleh Profesi Indonesia, Terbaik I Wirausaha Muda Mandiri 2007dari Bank Mandiri. Best Franchise 2007 Category of Food & Beverages dari Pengusaha Magazine, Best Achievment at Young Entreprenuers Award 2007 dari Bisnis Indonesia dan berbagai penghargaan lainnya. Kini mimpinya adalah mengembangkan usahanya ke mancanegara seperti Malaysia dan Thailand. Tidak hanya itu, sudah ada tawaran untuk membuta outlet di Trinidad dan Tobago serta Kamboja.
            Penjualan kebab turki baba rafi ini menggunakan Outlet Gerobak dan Booth adalah semacam kedai yang menggunakan saran gerobak atau booth untuk tempat berjualan. Menurut Hendi Setiono, Presiden Direktur PT. Baba Rafi Indonesia, yang juga pemilik usaha Kebab Turki Baba Rafi, ada beberapa jenis usaha yang bisa menggunakan outlet outdoor atau indoor berbentuk gerobak atau booth. Mengapa gerobak atau booth? Karena selain mudah dipindah-pindahkan, Anda tidak butuh modal besar untuk memulai usaha dengan sarana ini.
            Selain keuntungan yang menjanjikan para calon pebisnis juga diberi pelatihan berusaha. Karyawan yang akan menjaga dagangan dilatih gratis, armada pengiriman bahan baku, alat burner kebab, satu unit counter, paket promosi, dan sebagainya.
Bagi pemilik waralaba Kebab Turki "Baba Rafi" tentu saja ada royalti yang diberikan oleh franchisee nantinya.
            Kegiatan dari Baba Rafi Indonesia adalah mengembangkan bisnis yang sudah ada yaitu melalui sistem waralaba (franchise) dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan.Platform dari Baba Rafi Inonesia adalah dengan adanya licencepenjualan kebab, perusahaan berusaha menjadikan Kebab Turki BabaRafi sebagai pelopor franchise dari kota Surabaya yang sudah tersebar di hampir seluruh nusantara.
           
2.      Keuntungan franchise bagi pemilik
Melalui  system franchise ini “KEBAB TURKI BABA RAFI” berhasil mengembangkan usahanya tidak saja di Indonesia tetapi sudah menyebar sampai ke luar negeri. keuntungan lain dari system franchise adalah usaha yang dijalankan akan cepat berkembang karena dengan semakin banyak perusahaan yang menggunakan franchise berarti usaha yang dijalankan akan cepat dikenal masyarakat.



3.      Dampak negative dan positive dari perusahaan bagi perkembangan ekonomi Indonesia.
Dampak positive nya :
·         Pengalaman dan faktor sukses 
·         Bantuan keuangan dari franchisor 
·         Brandname dan Reputasi 
·         Bisnis sudah terbangun
·         Biaya produksi yang relatif
·         Kesiapan manajemen 
·         Diberikan program latihan 
·         Profit lebih besar 
Dampak negative nya :
·         Program latihan terkadang jauh dari harapan 
·         Franchisor hanya sedikit memberi kebebasan.





Sumber : http://ameermuh.wordpress.com/2011/02/17/sukses-dengan-waralaba/, http://www.bisnisdiary.com/waralaba-kebab-turki-baba-rafi.html.